Header Ads Widget

Asisten Sosial Sitirejo Hadir :

Ticker

6/recent/ticker-posts

Bansos apapaun ditahun 2021 akan berbentuk eletronik, tidak akan ada bansos tunai

Menteri Sosial baru ( Tri Rismaharini )

Sosial.Sitirejo - Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Mensos Risma membuat kebijakan baru tidak akan ada bantuan sosial berbentuk tunai. Semua bansos akan berbentuk elektronik.

Teknisnya setiap penerima bansos akan mempunyai tabungan. Nantinya bansos akan dimasukkan ke rekening itu. 

Tidak akan lagi cash atau tunai dalam bentuk apapaun, tapi akan menggunakan semua transaksi secara elektronik.

Dan juga masukan-masukan dari daerah, akan digunakan elektronik yang cepat sehingga perbaikan-perbaikan data bisa segara dilakukan. Dengan demikian efektifitas akan tercapai.

Salah satu perintah Jokowi yang paling prioritas mesti dikerjakan adalah terkait bantuan pandemi Covid-19 untuk masyarakat. Ini harus dimengerjakan terkait realisasi bantuan yang harus ke luar pada minggu awal Januari 2021.

Karena ini juga berkaitan dengan pergerakan ekonomi nasional, karena itu mensos harus bekerja keras. Sehingga minggu pertama bulan Januari yang untuk 2021 bisa segera tersampaikan kepada penerima bantuan.

Kemudian untuk tugas kedua adalah soal pemberdayaan. Di mana mensos juga harus memperhatikan implikasi dari masyarakat yang menerima bantuan.

Karena tidak bisa bekerja sendirian, nantinya mensos bakal menggandeng pimpinan daerah hingga perguruan tinggi untuk mengetahui persis kendala yang dialami masyarakat selama masih terdampak pandemi Covid-19.

Selain itu, mensos juga ditugaskan untuk mengantisipasi dampak cuaca terhadap hasil produk pertanian.

Mensos harus memastikan betul adanya keseimbangan ketersediaan pangan di segala macam cuaca.

Akan mengurangi potensi korupsi.

Mensos juga akan memberikan perintah untuk mengurusi perbaikan data penerima bantuan. Pihak mensos akan bekerjasama dengan Kemendagri untuk terus memperbarui datanya.

Karena memang ya pasti akan ada selisih, karena hari ini diupadate maka hari ini pula ada yang meninggal dan pindah dan sebagainya. Nah itu yang harus mensos terus tangani day to day.

Dan menurut bocoran bahwa nantinya penyaluran bantuan tidak lagi dalam bentuk tunai fisik melainkan menggunakan sistem elektronik.

Tidak akan lagi cash atau tunai dalam bentuk apapaun, tapi mensos akan menggunakan semua transaksi secara elektronik.

Dan juga masukan-masukan dari daerah akan digunakan elektronik yang cepat sehingga perbaikan-perbaikan data bisa segara di lakukan. Dengan demikian efektifitas akan tercapai."

Tugas dari operator sosial akan bertambah njlimet

 

Posting Komentar

0 Komentar